Langsung ke konten utama

CARA BIKIN RAMBAK SAPI

CARA BIKIN RAMBAK SAPI
He he he.., ya artikel "cara bikin rambak sapi" inilah yang bayak ditunggu-tunggu para wirausaha muda untuk mencoba peruntungan di bisnis kerupuk rambak. Bisa jadi hal itu sebagai bekal awal untuk merintis usaha, atau disisi lain ada pula yang bermaksud untuk mencari formula pengelolaan kulit sapi yang lebih maksimal untuk menyempurnakan formula yang telah dilakoni. Cara bikin rambak sapi, yaa mungkin lebih tepatnya diungkapkan dengan kalimat yang lebih panjang, yakni cara memproses kulit sapi menjadi kerecek rambak. he he.
Memang dalam pengelolahan bahan baku kulit sapi menjadi kerecek rambak yang siap digoreng membutuhkan proses yang panjang. Mulai dari mempersiapkan kulit sapi yang masih basah, fressh dari hasil melulang sapi, untuk dijadikan lembaran kulit sapi kering yang siap diproses.
disini akan disharingkan sedikit tentang proses pembuatan kerecek rambak siap gorang, yang dimulai dari lembaran kulit sapi yang kering. karena akan terlalu panjang dan teknis jika dijelaskan dari awal melulang sapi, dan juga keterbatasan pengalaman penulis akan informasi dan pengetahuan dalam memproses kulit sapi basah.
langkah awal cara bikin rambak sapi adalah sebgaia berikut.
  1. Mempersiapkan kulit sapi yang telah kering untuk direndam dengan air kapur, kurang lebih 3 hari.






  2. Setelah masa perendaman, selanjutnya lembaran kulit dimasak (digodog) untuk melunakkan dan membersihkan air kapur yang menempel.
  3. setelah itu lembaran kulit disiram bersih dengan air mengalir, hal ini dimaksudkan untuk membersihkan dan sekaligus mensucikan bahan baku rambak, dan kemudian ditiriskan.
  4. Setelah tiris, kulit sapi yang telah lunak ini dipotong sesuai kehendak. pada umumnya potongan rambak berbentuk segiempat/dadu dan berbentuk stick/potongan memanjang.
  5. Setelah proses pemotongan sesuai bentuk yang dikehendaki, potongan kulit sapi tersebut dijemur hingga mengering.
  6. dipoint ke enam ini biasanya setiap pengrajin rambak memiliki rahasia/formula masing-masing dalam pengelolahan produksi rambaknya, mulai dari minyak yang dipakai, lama waktu, teknik pengadukan hingga kondisi api. istilah point ke enam ini adalah proses meng-ALUP-ALUP. yakni menggoreng potongan-potongan rambak yang telah mengering dengan minyak panas.
  7. setelah proses meng-alup selesai, produk rambak siap untuk dikemas/dipacking.
  8.  dan yang terakhir adalah proses menyulapnya menjadi uang, dengan cara JUAL, JUAL DAN JUAL.
sekian sedikit sharing tentang bagaimana cara bikin rambak.

Postingan populer dari blog ini

AGEN RAMBAK SAPI DI SAMARINDA

Bismilahirohmaanirrohim. Agen baru di kota Samarinda :  d/a jl.Muh said gang 6 blok G.2 no.54 RT.32  Kelurahan loa bahu kecamatan sungai kunjang kotamadya samarinda. Provinsi Kalimantan Timur Terima kasih kepada Bapak Joko Wahono atas kepercayaannya memilih kami sabagai rekan usaha penyuplai barang. Dan selamat untuk menjadi perwakilan kami sebagai reseller www.rambaksapi.net Selamat berbelanja kembali. 081299061707

KERUPUK RAMBAK STIK SERABUT

KERUPUK RAMBAK STIK SERABUT Kemasan 250gram Rp.26.500 Kerupuk rambak stik Merk Afi Perkasa cap raja sapi. - Kemasan 250gram. - pesan 4 pcs akumulasi berat 1kg. - Hemat di biaya pengiriman. - Dapatkan penawaran harga terbaik dengan membeli mulai 40pcs ( = 10kg) - Original taste, asin dan gurihnya pas memanjakan lidah. - Harga paling terjangkau Makanan khas masyarakat Jawa Timur, Bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. - Saat santai, - liburan, - piknik - juga untuk suguhan tamu. Ditambah cocolan sambel kesukaan anda semakin nikmat. Alamat Toko : Plosokerep, Sumobito, Jombang Chat WA https://chat.whatsapp.com/5rQhfPMIhnpE0lDhZVhzod Add WA manual : 082330433030

KANDUNGAN GIZI RAMBAK

KANDUNGAN GIZI RAMBAK Kandungan zat Gizi Krupuk Kulit Sapi (Rambak) Mentah     Protein  = 82,91% Lemak = 3,84% Mineral = 0,04% Natrium glutamat ( MSG atau NaG bebas) = 0,8 g – 5,3 %      Kandungan zat yang terdapat pada kerupuk kulit yang terbuat dari kulit sapi asli yaitu protein, lemak, mineral, MSG atau NaG bebas